Tugas Kita Cuma Jaga Jarak, Jaga Badan dan Cuci Tangan

Avigan
Avigan
Jakarta - Ada kabar gembira. Ahli kesehatan di China telah mengumumkan, bahwa obat Avigan, produksi Jepang dapat secara efektif mengurangi serangan virus Corona bagi penderitanya.
Dalam peneltian di Wuhan, yang sekaligus untuk mengobati pasien di sana, dokter-dkter memberikan Avigan kepada pasien. Terbukti pasien yang diberikan Avigan memiliki kemampuan sembuh lebih cepat dibanding yang tidak minum obat itu.
Misalnya, paru-paru penderita yang tadinya bermasalah, rerata bisa pulih 91% dalam waktu empat hari. Sedangkan yang tidak mengkonsumsinya, hanya pulih 62%.
Meskipun, menurut ahli farmasi di Jepang, Avigan bisa mengobati bagi yang serangan virusnya belum maksimal. Bagi penderita yang virusnya telah membiak sangat banyak, Avigan belum mampu mengatasi. Tetapi setidaknya, ini adalah berita positif.
Obat lain yang juga dianggap mampu menghalau serangan virus adalah Klorokuin. Ini adalah obat malaria. Menurut beberapa penelitian, klorokuin juga mampu menghambat perkembangan virus Covid 19 di tubuh pasien.
Alhamdulillah, Presiden Jokowi sudah menyatakan pemerintah telah mendapatkan Avigan dan klorokuin. Avigan yang langsung didatangkan dari perusahaan farmasi Jepang. Awalnya 5000 butir sudah didapatkan. Dan akan dipesan 2 juta butir lagi.
Sedangkan klorokuin, Indonesia punya stok 3 juta butir yang siap diberikan kepada pasien.
Bukan hanya itu. alat tes cepat (rapid test) kini juga sudah didatangkan ke Indonesia. Alat itu mampu mendeteksi virus dengan akurasi 85% sampai dengan 95%. Memang tingkat akurasinya tidak sebesar alat test swap yang bisa mencapai 99%.
Rapid test menggunakan sampel darah. Sementara test swap menggunakan sampel liur di tenggorokan.
Kabarnya sore tadi sudah mulai dilakukan rapid tes di Jakarta Selatan. Pemerintah akan menyiapkan satu juta kit untuk tes cepat ini.
Menurut perhitungan kasar, sekitar 600 sampai 700 ribu orang di Indonesia termasuk beresiko terpapar wabah.
Itu dari sisi memerangi virusnya.
Tapi, akibat Corona ini, ekonomi rakyat jadi terganggu. Apalagi bagi rakyat kecil dan pekerja informal.
Untung saja Menkeu Sri Mulyani mengumumkan akan memberikan Bantuan Tunai Mandiri kepada 87 juta rakyat yang dianggap paling rentan terkena dampak ekonomi. Sekitar Rp60 triliun disiapkan pemerintah untuk program stimulus ekonomi menangkal dampak Corona ini.
Alhamdulillah, pemerintah sudah bekerja maksimal. Memikirkan segala kemungkinannya. Tapi mereka gak bisa sendiri. BUMN, Pengusaha-pengusaha besar diharapkan juga ikut turun tangan. Setidaknya mereka harus menunjukan saatnya berbakti bagi negeri ini.
Sementara bagi rakyat kecil sepertikita, tugasnya mudah. Cukup jaga jarak (social distancing), jaga kesehatan, minum vitamin C untuk jaga badan dan cuci tangan.
Gampang kan?
"Mas, minyak telon bisa menangkal Corona gak?," tanya Abu Kumkum.
Minyak telon asli aja belum tentu bisa, apalagi yang oplosan...

0 komentar

Tulisan Populer