IZIN ORMAS CUMA BASKOM PENAMPUNG DANA SUMBANGAN PEMDA

Front Pembela Islam
Front Pembela Islam
EkoKuntadhi.id - Kayaknya Rocky Gerung sukses menularkan pikirannya. Semua persoalan dimuarakan ke Jokowi. Soal perpanjangan izin organisasi ontran-ontran aja, ngomongnya ini salah Jokowi.
Padahal juga izinnya belum keluar. Diajukan sejak Juni, sampai sekarang gak keluar izinnya. Kemendagri masih mengkaji, setelah ramai didorong sama Menag..
FPI itu, cuma sekelas tusuk gigi untuk Indonesia. Urusan perpanjangan ormas, itu kelas Dirjen. Bukan kelasnya Presiden.
Asal tahu saja, keputusan MK soal Ormas, itu menjelaskan ormas bisa berizin bisa juga tidak berizin. Ormas yang tidak berizin, maksudnya untuk menjamin hak berserikat dan berkumpul.
Jadi jikapun FPI, izinnya gak diperpanjang. Menurut keputusan MK, mereka berhak tetap berorganisasi. Tentu saja jika dalam menjalankan kegiatanya melanggar aturan, ya akan berhadapan dengan sanksi hukum.
Pertanyannya, kenapa FPI ngotot untuk mendapatkan izin resmi dari negara?
Ini berkenaan dengan penerimaan dana bantuan ormas dari Pemda. Atau dana hibah yang mungkin saja disalurkan ke ormas-ormas. Jakarta saja, kabarnya, menganggarkan dana hibah sampai Rp 2 triliun.
Jadi, persoalannya, kalau izin perpanjangan tidak dikeluarkan FPI tidak otomatis bubar. Keputusan MK menjamin mereka bisa beraktifitas terus. Yang gak bisa hanya mengurus cairnya duit dari kepala daerah yang berafiliasi dengan mereka.
Sebab dari sanalah, elit-elit organisasi bisa berpesta.
"Jadi soal izin itu, cuma buat jadi wadah cipratan lem aibon, mas?," ujar abu Kumkum.

0 komentar

Tulisan Populer