PAK AMIEN, DARI MANA DNA PROBOWO BERASAL?

Amien Rais
Amien Rais @fotoDetikNews
Dari manakah Prabowo berasal?
Amien Rais punya jawaban. Prabowo berasal dari tiga gabungan DNA: Soekarno, Hatta dan Bung Tomo. Entah bagaimana caranya ketika tokoh bangsa itu menyisihkan sedikit DNA-nya hingga akhirnya tercipta mahluk seperti Prabowo.
Tapi mungkin Amien sedang bertamsil. DNA yang dimaksud tentu bukan jenis genetik pembawa sifat biologis. Tapi hanyalah cara Amien mengatakan bahwa Prabowo lebih hebat dari ketiga tokoh tersebut.
Apa benar?
Saya bingung. Bung Karno itu pemimpin flamboyan. Banyak wanita kepincut padanya. Sementara Prabowo, Titiek Suharto saja pergi meninggalkannya. Sampai sekarang Prabowo jomblo. Kalau Soekarno, mana tahan jadi jomblo.
Jadi kalau dipikir-pikir kayaknya gak ada sedikitpun DNA Bung Karno nempel di tubuh Prabowo.
Lantas Bung Hatta? Dia adalah tokoh yang sederhana. Menurut kisah sejarah ketika hidup Bung Hatta menginginkan sepatu merk Bally. Hanya saja dia belum punya uang yang cukup untuk membelinya. Gambar sepatu itu dipasang di meja kerjanya. Sampai akhir hayatnya, niat Bung Hatta ingin memiliki sepatu Bally gak kesampaian.
Bandingkan dengan Prabowo. Ia hidup dalam istana megah di Hambalang. Tanah luas dengan deretan istal di bagian belakang. Kuda-kuda miliknya berharga miliaran rupiah. Prabowo juga mengakui menguasai tanah sampai lima kali besar Jakarta.
Gak ada sedikitpun kesan sederhana dalam hidupnya. Hartanya berlimpah. Triliunan rupiah. Utangnya juga banyak. Pengadilan memutuskan Prabowo wajib membayar hutang perusahaanya. Dicicil selama 20 tahun. Sebagian karyawan perusahaanya belum diselesaikan pesangonnya.
Lantas Bung Tomo? Dia adalah orator ulung yang membakar rakyat Surabaya untuk berjuang melawan Belanda. Melalui corong radio, Bung Tomo membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo untuk menentang kembali pendudukan pasukan NICA.
Ketika Bung Tomo bicara, suaranya menggelegar. Bahasanya runtut. Intonasi dan lantunan kutipan ayat keluar dari mulutnya.
Bandingkan dengan Prabowo. Ketika bicara, Prabowo senang mengumbar emosi gak karuan. Podium dan meja selalu menjadi sasaran. Cara Prabowo memukul podium lebih mirip Arya Wiguna yang sedang tantrum menghadapi Eyang Subur. "Demmii Tuhhhaaannn!"
Sangat jauh dari gaya Bung Tomo. Yang membakar semangat rakyat tapi tidak norak.
Bung Tomo, Bung Karno dan Bung Hatta fasih melafalkan kutipan Alquran. Sedangkan Prabowo, menyebut nama Kanjeng Rasul saja kepleset melulu.
Mendengar ocehan Amien Rais ini, rasa-rasanya perlu juga dilakukan tes DNA kepada Prabowo.
Jadi dari mana Prabowo berasal?
"Mungkin mirip kata pepatah, mas. Dari mata turun ke HTI," celetuk Abu Kumkum.

0 komentar

Tulisan Populer