PENGALAMAN GAK MUNGKIN BOHONG

GBK
Jokowi di GBK
Kemarin Jokowi Pidato di depan alumni berbagai universitas. Ia menceritakan untuk memimpin pemerintahan dibutuhkan pengalaman.

"Ketika saya pertama kali menjadi Walikota Solo, saya butuh waktu satu setengah tahun untuk belajar. Memahami logika organisasi pemerintahan. Pengalaman itu sangat penting," ujar Jokowi.

"Apalagi untuk memimpin Indonesia yang luas ini. Tanpa pengalaman, gak mungkin bisa maksimal."

Logika yang disampaikan Jokowi, sangat wajar. Kata orang pengalaman adalah guru terbaik. Jangan berharap hasil maksimal dari orang yang gak punya pengalaman sama sekali.

Menyerahkan pemimpin negara kepada orang yang gak punya pengalaman, sama saja naik pesawat disupiri oleh tukang cilok. Bakalan nyungsep.

Tapi rupanya ada yang tersinggung. Partai Gerindra merasa pidato itu ditujukan pada Prabowo. Mereka menuding Jokowi men-downgrade Prabowo. Karena, harus diakui Prabowo memang gak punya pengalaman.

Dulu di militer, karirnya tersongkrak cepat karena dia menantu Suharto. Menantu seorang diktator yang ditakuti. Tapi karena kecerobohannya Prabowo akhirnya dipecat. Ia menculik orang.

Kemudian Prabowo kabur ke Yordania. Pulang-pulang mau jadi Presiden dengan mengikuti konvensi Partai Golkar. Dia kalah oleh Wiranto saat itu.

Lalu ia mutung, keluar dari Golkar. Membuat partai. Beriklan sepanjang tahun di televisi. Lantas bertarung lagi jadi Cawapres. Kalah lagi oleh SBY-Kalla.

Periode berikutnya ia maju jadi Capres. Lawannya Jokowi. Kalah lagi. Itulah pengalaman yang pernah dijalani Prabowo. Pengalaman sebagai loser.

Sekarang Prabowo maju lagi jadi Capres. Lawannya Jokowi lagi.

Jadi ketika Gerindra tersinggung dengan pidato Jokowi, sebenarnya mereka mengakui Prabowo memang gak punya pengalaman. Prabowo gak punya modal yang penting membangun Indonesia.

Iya sih. Prabowo itu jadi Camat belom pernah. Jadi Walikota dan Gubernur belum pernah. Jadi anggota DPR belum pernah. Jadi Menteri juga belum pernah. Jadi Ketua Umum Gerindra, karena memang itu Partainya. Emang pernah dengar Gerindra kongres dengan persaingan? Gak pernah.

Tapi bicara soal gak punya pengalaman, saya kira itu bukan monopoli Prabowo doang. Maksudnya bukan hanya Prabowo yang disentil pidato Jokowi karena gak punya pengalaman.

Toh, ada jutaan orang yang juga sama kayak Prabowo : belum punya pengalaman memadai.

"Iya, mas. Adul dan Sony Wakwaw juga gak punya pengalaman pemimpin pemerintahan. Tapi mereka gak tersinggung dengan pidato Jokowi," seperti biasa, Abu Kumkum nyeletuk.

"Sebetulnya gak punya pengalaman, gak apa-apa ya, mas. Tapi setidaknya punya istrilah. Masa kalah sama Daus Mini?"

Kum, udah, Kum. Stop!

0 komentar

Tulisan Populer