PARA MARTIR KEJAHATAN

Hoax
Penyebar Hoaks
Seorang pembuat dan penyebar hoax 7 kontainer surat suara tertangkap polisi. Dia adalah Bagus Bawana Putra, Tim Relawan Nasional Prabowo-Sandi.

Ada dua reaksi dari tim Prabowo mengenai penangkapan Bagus ini. Pertama adalah reaksi Arif Puyono, salah satu petinggi Partai Gerindra. "Ini adalah kriminalisasi," ujarnya. Tampaknya Arif sedang membela kadernya dari jeratan hukum.

Apa yang dilakukan Arif sama seperti kelakuan pendukung Bahar Smith yang menuding polisi melakukan kriminalisasi ketika menangkap ustad brengsek itu. Sudah tahu Bahar ngegebukin orang sampai babak belur, masih saja menuding polisi yang salah.

Berbeda dengan petinggi Gerindra lain seperti Andre Rosadie atau Fadli Zon. Mereka langsung cuci tangan dan menampik Bagus sebagai relawan. Padahal dari akun medsosnya bertebaran aktifitas Bagus sebagai relawan utama di kubu Prabowo.

Kenapa Bagus dilepehin seperti dahak? Karena mereka sadar yang dilakukan Bagus adalah kriminal, meakipun iramanya senada dengan mereka yang terkesan sedang memojokkan KPU. Tapi ketimbang Bagus dikait-kaitkan ke Prabosan, sebaiknya ditendang saja dulu.

Padahal hasil karya Bagus sempat dinikmati dan dieksploitasi oleh pendukung Prabosan. Mereka tahu itu hanya hoax. Tapi mereka ramaikan juga, karena menguntungkan pihaknya. Jika tertangkap polisi. Biar saja Bagus mampus sendiri.

Sama seperti Ratna Sarumpaet. Dia adalah petinggi Tim Pemenangan Prabosan. Hoax soal Ratna dianiaya disebarkan oleh Prabowo dan seluruh timnya. Ketika kebohongan Ratna terbongkar, dia langsung ditendang. Keluar dari tim. Masuk sel sendirian. Mengenaskan.

Hal yang sama dialami Alfian Tanjung. Penjaja agama ini memfitnah istana Presiden sebagai sarang PKI. Isu PKI sejak 2014 dimainkan kubu Prabowo melalui Obor Rakyat. Alfian menyebarkan hasutannya di masjid. Lalu polisi menangkapnya. Lalu dia dibiarkan menghadapi sendiri ulahnya. Meringkuk di penjara.

Yang paling fenomenal adalah Jonru. Ia hobi menyebar fitnah di akun medsosnya. Akhirnya kejeblos. Masuk penjara. Ditepis seperti tumbila oleh kelompoknya sendiri.

Ada sebuah pepatah, orang jahat hanya berkumpul dengan gerombolan penjahat. Energi jahat menarik para penjahat untuk bersatu.

Kita percaya itu.

"Iya, mas. Makanya di film Zombie, Spongebob gak pernah muncul. Sebab zombie hanya berkumpul dengan zombie," ujar Abu Kumkum.

0 komentar

Tulisan Populer